Sunday, November 25, 2012

Tanyakan 13 Hal Sebelum Menerbitkan Artikel

Tanyakan 13 Hal Sebelum Menerbitkan Artikel
Pernakah Anda semua menanyakan hal penting sebelum menerbitkan Atikel Tulisan di Blog? Ada 13 hal menurut saya yang harus kita pertimbangkan dan pertanyakan sebelum kita menerbitkan tulisan kita setelah kita menulis sebuah artikel. Jika kita adalah seorang blogger yang ingin tulisannya baik dan bisa mendatangkan banyak pengunjung, ada baiknya kita memperhatikan hal-hal penting untuk melengkapi teknik cara menulis artikel menjadi unik dan menarik minat bagi para pembaca blog kita. 13 Hal penting apa saja yang perlu kita perhatikan? Dibawah ini ada 13 pertanyaan sebelum artikel kita diterbitkan di blog.



1. Apakah point penting atau poin utama dalam post yang kita tulis? Sudahkah kita membuat tulisan yang cukup jelas dari tema atau poin penting yang kita maksudkan?

2. Apa yang ingin pembaca kemudian lakukan setelah membaca artikel kita? Sudahkah kita bisa meyakinkan, bahwa pembaca atau pengunjung tulisan kita dapat dituntun untuk melakukan sesuatu dari tulisan yang kita tulis?

3. Sudahkah kita pastikan tulisan kita adalah tulisan yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain? Orang lain dapat mendapatkan pengertian dan manfaat dari tulisan yang kita tulis dengan mudah.

4. Apakah tulisan kita cukup unik, berbeda dengan tulisan orang lain yang pernah ditulis sebelumnya.

5. Apakah tulisan yang ditulis sudah sesuai dengan tujuan blog dan tema dalam blog kita?

6. Sudahkah kita menggunakan judul artikel yang dapat menarik minat atau mencuri perhatian pembaca untuk membaca isi artikel.

7. Sudahkah tulisan dan bahasa yang kita gunakan baik dan benar? Bukan tidak mungkin jika ada kesalahan ketik, atau kesalahan bahasa saat kita menulis.

8. Dapatkah tulisan kita adalah tulisan yang tidak bertele-tele? Kita akan coba perhatikan sekali lagi gaya penulisan kita agar lebih ringkas dan lebih berkualitas.

9. Sudahkah kita memberikan sumber yang jelas, jika saya mengutip satu atau beberapa tulisan dari orang lain atau dari site/blog lain?

10. Sudahkah kita menghubungkan atau membuat artikel terkait dengan artikel-artikel kita terdahulu, dengan menyisipkan link anchor text ke dalam tulisan kita?

11. Sudahkan kita memberikan ruang kesempatan kepada para pembaca untuk dapat menambahkan sesuatu ke dalam artikel yang kita tulis. Misalnya dengan mengajak pembaca untuk ikut berpartisipasi dalam tulisan artikel kita, agar mereka dapat menambahkan saran atau pendapat?

12. Keyword atau kata kunci apa saja yang paling banyak dicari orang lain di mesin pencari dalam topic yang kita bahas. Sudahkah kita mengoptimalkan penggunaan keyword-keyword tersebut ke dalam artikel yang kita buat.

13. Bagaimana kita bisa mengembangkan posting ini menjadi lebih banyak pembaca yang memerlukannya. dan berkaitan dengan artikel topik artikel yang kita bahas ini. Serta bagaimana kita dapat bersaing artikel lain dengan topik bahasan yang serupa atau senada, yang sudah pernah terbit sebelumnya.

Itulah 13 hal penting yang baiknya dipertanyakan sebelum kita mempublish atau menerbitkan Artikel yang kita buat di blog. Cara membuat artikel yang baik dan bisa menarik minat pembaca terkadang memang susah-susah gampang. Meski terkadang, untuk menerapkannya sedikit agak sulit jika kita belum terbiasa. Namun kebiasaan untuk memperhatikan 13 hal tersebut, bisa membantu kita mendatangkan visitor lebih banyak ke blog kita, selain dengan melakukan promosi blog, melakukan blogwalking, dan yang lain nantinya. Jika ada saran dan masukan, anda boleh sampaikan di kolom komentar di bawah artikel ini ya. Semoga bermanfaat.

Sumber: Infodari.com
Q769UYAR4CDJ


Ditulis Oleh : Susie Yanti ::Artabez.Cam::

Susie Artikel Tanyakan 13 Hal Sebelum Menerbitkan Artikel ini diposting oleh Susie Yanti pada hari Sunday, November 25, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda yang telah membaca artikel ini,tinggalkanlah komentar anda baik itu kritik ataupun saran karena komentar anda sangat berarti bagi penulis dan perkembangan blog ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.


*Admin*

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

48 komentar:

  1. hehe...aq malah kadang asal nulis trus publish :)
    btw infonya sangat bagus sob,salam sukses

    ReplyDelete
  2. @Reo Adam
    iya mas kadang kita lupa untuk meneliti tulisan kita sudah bener apa belum.
    terimakasih ya mas salam sukses juga buat mas Reo...

    ReplyDelete
  3. semua orang sangat kelas menginginkan keprofeisonalan dalam dirinya palagi jika itu berhubungan dengan soal postingan artikel blog 13 ponit diatas jelas pertanyaan yang harus dijawab dengan sempurna oleh setiap diri kita dann jika kita telah menjawabnya dengan benar dan semnpurna maka yakinlah menjadi seorang blogger sukses bukanlah hal yang mustahil untuk didapat,..aku dukung sobat

    salam dariku

    ReplyDelete
  4. klo saya poin no 5 sering tidak saya perhatikan. soalnya dari awal, tema blog saya adalah blog suka-suka yaitu blog tanpa arah hahahaha :D

    #maklumlah.. adminnya plin-plan tidak punya pendirian#

    ReplyDelete
  5. haha...saya hampir sama dg bang Reo....asal nulis langsung publish...

    trims ya sob...buat tips nya :D

    ReplyDelete
  6. @Budy Shinichi
    hehehe... kalau tema blognya suka-suka ya ga apa2 mas bikin artikel sedikit meleset. yang penting Happy Blogging.

    ReplyDelete
  7. @budi os 19
    hehehe... terkadang kita lupa untuk mengkoreksi lagi.

    terimakasih ya mas Budi.

    ReplyDelete
  8. mantap nih gan..
    kadang ane gak memperhatikan itu semua..:D

    ReplyDelete
  9. nice artikel gan..
    jangan lupa mampir di
    htttp://thedragao.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. kembali hadir malam mengunjungi blog sahabat

    ReplyDelete
  11. wah... maaf sob baru bisa ngebales kunjungannya.. :D hihiih

    ReplyDelete
  12. menurut saya, tiap pemilik blog punya gaya sendiri2 dalam hal memposting

    ReplyDelete
  13. Setuju sob.. Saya rasa masih banyak lagi hal yang penting sebelum menerbitkan suatu artikel. Trims atas infonya gan.

    ReplyDelete
  14. Sip sob , mantab artikelnya

    ReplyDelete
  15. aku ngeblog yg aku perhatikan:

    1. penulisan, sudah bener blm, soalnya keyboard rusak he he
    2. seo, judulnya sudah menarik perhatian blm? url link sudah seo frendly blm

    ReplyDelete
  16. mampir lagi sob...sambil mengulang baca tips utk menulis...dari postingan ini...

    salam blogger ya :)

    ReplyDelete
  17. 13 nasihat yang sangat mendasar buat para blogger... makasih ya...

    ReplyDelete
  18. Saya benar-benar nggak setuju dengan 13 hal itu, namun SANGAT SUWETUJA :))

    ReplyDelete
  19. Untuk nomer 11, di tulisan ini mana ya?

    ReplyDelete
  20. Untuk nomer 4, butuh keuletan, butuh waktu agar bisa menjadi diri kita, unik dan beda dengan lainnya. (Meski tulisan ini ngambil dari lainnya, ada baiknya di edit sendiri) :D

    ReplyDelete
  21. Klau saya lebih memperhitungkan kepada fungsi dan manfaatnya Mas :)

    ReplyDelete
  22. Salam kenal dan terima kasih sudah mau mengkongsikan pendapat dan tips anda disini. Lontaran anda tentang 13 perkara sebelum menerbitkan artikel membuat saya menyemak semula entri saya :-)

    ReplyDelete
  23. Kunjungan rutin sob,Terima kasih.Mungkin sya kurang yg telah dijelaskan diatas untuk mengupdate artikel,tapi tujuan sya hnya stu,yaitu ingin membagi ilmu sya.

    ReplyDelete
  24. oke sob...masukkan yang baik untuk membuat artikel yang berkualitas nih...

    ReplyDelete
  25. Betul sekali Sob. Saya sangat setuju dengan ulasan yang Sobat uraikan dalam artikel ini.

    Oh ya, kemudian saya sampaikan terimakasih atas kunjungan serta berkenannya mengeposkan komentar di blog saya, dan tidak lupa pula saya sampaikan salam kenal serta salam berbagi. :)

    ReplyDelete
  26. Kunjungan rutin gan,semoga artikelx menjadi motivasi buat blogger.

    ReplyDelete
  27. keren sobat tipsnya, jadi referensi saya nih sebelum buat artikel

    www.andisyam.web.id

    ReplyDelete
  28. Saya mau bekerja sama dengan agan.
    AGan, FOLLOW Blog ane? Nanti akan ane FOLLBACK.
    Semoga mau bekerja sama :)
    Terimakasih

    ReplyDelete
  29. belum ada yang terbaru nih sobat hehehe

    ReplyDelete
  30. ternyata mempublish artikel tidak semudah yang saya bayangkan :(

    ReplyDelete
  31. saya setuju kang dengan 13 point di atas, intinya dalam sebuah postingan kita harus bisa seolah olah bercakap cakap dengan pembaca,,,sekalian saya follow blognya,,,ditunggu yaa follbacknya kang

    ReplyDelete
  32. ahah biasanya judul yang susah -_-.

    ReplyDelete
  33. Yang penting adalah Fresh Content (Anti Copas), Bermanfaat, dan Update :-)

    ReplyDelete
  34. Wah baru tau ane sob, sebagai blogger pemula bermanfaat sekali buat ane.

    Salam sukses selalu sob...

    ReplyDelete
  35. Kalau saya sih kebanyakan asal publish aja hehe apa yg kepikiran langsung deh nuju new entri...makasih saran2 nya sobat

    ReplyDelete
  36. Ini postingan oke punya, dan saya banyak mempelajari hal hal yang belum saya ketahui mengenai tulisan sebelum tayang. Awesome

    ReplyDelete
  37. Terimakasih mbak atas informasinya. Blognya sudah saya follow terimakasih.

    ReplyDelete
  38. wiihh bnyak bener sob... aduuhhh bisa tertunda dong.. lau harus sperti ini sob...

    tapi terima kasih ya sob... infonya..

    ReplyDelete
  39. inspiratif tulisanx sob.., thx ya.. *smile

    ReplyDelete
  40. Wah, ternyata banyak juga ya point" penting yang harus kita perhatikan saat akan menerbitkan tulisan di blog..

    Benar sob..
    Terkadang kita suka lupa atau mengganggap sepele point" tersebut..

    Padahal jika kita bisa menerapkan point" tersebut di setiap tulisan/konten pastinya akan mendapatkan banyak manfaat juga tentunya..

    Oke sobat..
    Terima kasih telah berbagi info bermanfaat yang bisa saya jadikan panduan saat akan menulis & menerbitkan artikel..

    ReplyDelete
  41. Mantaps gan infonya ^^
    Bisa sebagai refrensi nih sebelum menerbitkan artikel baru^^ thx gan

    ReplyDelete